Abbott A Abbott Mama Indonesia Abbott: A Promise for Life
Bukan penduduk Indonesia? Klik disini.

Kehamilan

Keajaibannya, Panduan Minggu ke Minggu

Belakangan ini, bisa saja tubuh Anda rasanya seperti mempunyai pikirannya sendiri. (Dan mungkin itu benar!) Lihat apa yang terjadi – dan apa selanjutnya – dengan panduan minggu ke minggu dari kami.

Kehamilan Minggu ke-28

Masukkan Tenaga ke dalam Kudapan Anda

guide-wk28-1

Pertumbuhan dan Perkembangan Janin saat Hamil 28 Minggu

Selama kehamilan minggu ke-28, janin Anda ingin melihat apa yang sedang terjadi di lingkungannya.

  • Janin Anda panjangnya kira-kira 25 cm — kira-kira sepanjang mentimun besar. Rata-rata beratnya kira-kira 1000 gram.
  • Otaknya berkembang dan meluas.
  • Janin Anda mungkin membuka matanya di dalam rahim.
  • Lebih banyak lemak menumpuk di bawah kulitnya.
  • Ia terus tidur siang selama 20 sampai 30 menit sebagai rutinitas tertentu.




guide-wk28-3

Kebugaran dan Nutrisi saat Hamil 28 Minggu

Selamat! Saat hamil 28 minggu, Anda telah menyelesaikan tiga bulan kedua kehamilan Anda. Beginilah caranya Anda bisa merawat diri sendiri — dan tubuh Anda.

  • Mudah melakukannya Jadikan keselamatan sebagai prioritas utama Anda ketika Anda berolah raga dengan mengikuti petunjuk-petunjuk ini:
    • Lakukan peregangan dan pemanasan selama sekurang-kurangnya lima menit sebelum mulai berolah raga.
    • Mulailah kegiatan Anda dengan santai dan pelan. Dengan hati-hati tingkatkan kecepatan dan pengulangan Anda sampai pada tingkat yang menyenangkan Anda.
    • Minum cairan.
    • Lakukan olah raga di permukaan yang datar dan keras.
    • Bangun secara perlahan-lahan setelah melakukan olah raga di atas lantai.
    • Lakukan pendinginan selama lima sampai 10 menit.
    • Kenakan sepatu pendukung dan bra pendukung.
  • Pilihlah kudapan bergizi tinggi. Sebagai variasi, cobalah zat-zat gizi ini – dan pilihan kudapan yang kaya dengan nutrisi:
    • Sayur-sayuran segar
    • Hummus dengan sayur-sayuran segar
    • Keju rendah lemak dan buah
    • Keju lembut rendah lemak dan buah
    • Yoghurt rendah lemak dan buah
    • Kacang-kacangan
    • Selai kacang dan apel
    • Selai kacang dan seledri dengan kismis
    • Selai kacang dengan biskuit atau roti sereal utuh




guide-wk28-2

Tubuh Anda yang Berubah saat Hamil 28 Minggu

Saat hamil 28 minggu (dan sepanjang kehamilan Anda bulan ini), berat badan Anda seharusnya naik dan kulit Anda mungkin akan terus berubah.

  • Anda seharusnya bertambah berat kira-kira setengah kilogram seminggu. Pelajari lebih banyak tentang ada di mana berat itu.
  • Tanda-tanda peregangan: Ketika kulit Anda meluas selama kehamilan, tanda-tanda peregangan bisa muncul di kulit Anda. Garis-garis merah, merah jambu, atau keungu-unguan ini mungkin tampak di perut, payudara, lengan, pinggang, paha, atau pantat Anda. Tanda-tanda peregangan bukan merupakan tanda bahwa badan Anda bertambah berat terlalu banyak — tanda-tanda itu bisa muncul pada wanita-wanita hamil yang paling langsing! Anda bisa mencoba krim yang dibuat secara khusus untuk tanda-tanda peregangan.
  • Berkat silsilah keluarga. Apakah Anda memiliki tanda-tanda peregangan atau tidak? Faktor keturunan lebih mempengaruhi daripada faktor lain apa pun. Setelah Anda melahirkan, tanda-tanda peregangan Anda mungkin akan memudar menjadi merah jambu muda atau putih, namun mungkin tidak hilang sepenuhnya.