Abbott A Abbott Mama Indonesia Abbott: A Promise for Life
Bukan penduduk Indonesia? Klik disini.

Kehamilan

Keajaibannya, Panduan Minggu ke Minggu

Belakangan ini, bisa saja tubuh Anda rasanya seperti mempunyai pikirannya sendiri. (Dan mungkin itu benar!) Lihat apa yang terjadi – dan apa selanjutnya – dengan panduan minggu keminggu dari kami.

Kehamilan Minggu ke-32

Solusi Cerdas untuk Pembengkakan Kehamilan

guide-wk32-1

Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Ketika Anda Hamil 32 Minggu

Janin Anda cukup menghabiskan waktunya dalam melatih keterampilan yang akan dia perlukan sesudah lahir, seperti menghisap, menelan, dan bernafas. Beberapa perubahan lain selama kehamilan pada minggu ke-32 meliputi:

  • Pada kehamilan 32 minggu, janin Anda beratnya sekitar 2000 gram dan hampir sepanjang 29 cm dari puncak kepala sampai bokong, atau sepanjang sebuah semangka kecil.
  • Lanugo, rambut yang lembut dan halus yang menyekat janin Anda, terus rontok minggu ini.
  • Anda mungkin mengamati perubahan dalam gerakan-gerakan janin Anda minggu ini, karena ia menjadi lebih sesak di dalam rahim Anda.
  • Tendangan-tendangan dan gerakan-gerakan mungkin terasa berkurang tenaganya.
  • Pastikan Anda memonitor gerakan janin Anda dari waktu ke waktu, khususnya jika Anda mengira Anda telah merasakan kegiatan yang berkurang. Hitungan 10-Tendangan bisa membantu.
  • Kulit janin Anda tidak lagi tembus pandang. Kulitnya tampak lebih seperti kulit Anda.




guide-wk32-3

Kebugaran dan Nutrisi Ketika Anda Hamil 32 Minggu

Ketika Anda hamil 32 minggu, Anda mungkin merasa diri Anda makan lebih sedikit setiap kalinya dan bergerak lebih sedikit secara umum. Tetapi lebih sedikit masih bisa berarti lebih banyak!

Kudapan untuk Nutrisi yang Lebih Seimbang

  • Jika Anda merasa Anda tidak dapat makan makanan ukuran penuh semuanya dengan sekali makan, pilih makanan-makanan mini sepanjang hari. Pastikan saja Anda mendapatkan zat gizi dari semua kelompok makanan.
  • Usahakan untuk memilih makanan dari sekurang-kurangnya dua kelompok makanan untuk masing-masing pilihan kudapan atau makanan-mini.
  • Gilirkan kelompok-kelompok makanan untuk mendapatkan semua zat gizi yang Anda butuhkan.

Fokuskan waktu dan energi Anda pada kegiatan-kegiatan untuk memenuhi kebutuhan Anda sekarang juga:

  • Berenang — sangat baik untuk mengurangi pembengkakan atau rasa sakit dari saraf-saraf skiatik.
  • Berjalan — pilihan yang sangat baik untuk mengurangi sakit punggung, pembengkakan, atau kram tungkai.
  • Yoga Pralahir — sempurna untuk mengurangi kekhawatiran dan mendorong relaksasi dan juga menjaga kebugaran.




guide-wk32-1

Tubuh Anda yang Berubah Ketika Hamil 32 Minggu

Ketika Anda hamil 32 minggu, Anda mungkin mengalami tanda-tanda baru atau terus dengan tanda-tanda kehamilan-akhir yang sekarang sudah  terasa familiar ketika tubuh Anda bereaksi terhadap kebutuhan janin Anda yang berkembang.

  • Anda mungkin merasakan bahwa kulit Anda di sepanjang rongga perut Anda, khususnya, kering dan gatal karena peregangan dan pengencangan yang terus-menerus. Oleskan dengan lotion untuk menguranginya! Boddy butter yang kental dan berkrim adalah yang terbaik untuk itu.
  • Anda mungkin mengalami sedikit kecemasan tentang kelahiran janin Anda yang akan datang atau tanggung jawab Anda sebagai orang tua baru. Mencari tahu lebih banyak informasi tentang apa yang bisa Anda harapkan dan membuat keputusan tentang kelahiran dan perawatannya setelah ia lahir bisa membantu.
  • Setelah minggu ke-32 kehamilan Anda, Anda mungkin mulai mengamati adanya sedikit pembengkakan di tangan, wajah, tungkai, mata kaki, atau kaki Anda yang disebabkan oleh cairan tambahan di dalam tubuh Anda.
  • Sedikit pembengkakan (atau edema) adalah normal, tetapi ini merupakan satu hal yang akan diamati oleh dokter Anda dengan sungguh-sungguh.
  • Pembengkakan biasanya lebih buruk pada kehamilan akhir dan jika Anda hamil selama musim panas.

Solusi Bengkak untuk Kehamilan Anda Minggu ke-32

Meredakan Sakit Siatika