Abbott A Abbott Mama Indonesia Abbott: A Promise for Life
Bukan penduduk Indonesia? Klik disini.

Kehamilan

Keajaibannya, Panduan Minggu ke Minggu

Belakangan ini, bisa saja tubuh Anda rasanya seperti mempunyai pikirannya sendiri. (Dan mungkin itu benar!) Lihat apa yang terjadi – dan apa selanjutnya – dengan panduan minggu ke minggu dari kami.

Kehamilan Minggu ke-5

Ujung Pena

guide-wk5-1

Pertumbuhan dan Perkembangan Janin Saat Usia Kehamilan 5 Minggu

Setelah terjadi perkembangan sel yang cepat dalam beberapa minggu, janin Anda mulai lebih jelas rupanya. Berikut adalah apa saja yang terjadi selama kehamilan di minggu ke-5:

  • Jantung dan sistem peredaran darahnya mulai terbentuk – sebuah tonjolan menunjukan tempat terbentuknya jantung janin Anda. Di akhir minggu ke-5 kehamilan, pembuluh-pembuluh darah pertama si janin sudah terbentuk.
  • Sekitar minggu ke-5 kehamilan Anda, jantung janin Anda sudah mulai berdetak dan mungkin dapat dilihat dengan gelombang ultrasound.
  • Tali pusat/pusar mengganti posisi kantong kuning telur (yolk sac). Tali pusar bekerja sama dengan ari-ari (plasenta) membawa nutrisi dan oksigen ke janin Anda dan membuang sisa metabolisme.
  • Saat Anda hamil 5 minggu, ukuran janin Anda sudah sepanjang ujung pena, sekitar 1.5 mm, dan bertumbuh dengan cepat setiap hari.




guide-wk5-2

Tubuh Anda yang Berubah saat Usia Kehamilan 5 Minggu

Meskipun nantinya kehamilan tampak lebih dramatis di dunia luar, minggu-minggu pertama kehamilan Anda ditandai dengan perubahan-perubahan yang paling dramatis di dalam diri Anda. Semua sistem dalam tubuh Anda yang hamil berubah untuk membantu janin baru Anda berkembang. Selama minggu ke-5 kehamilan Anda, mungkin Anda sudah mulai melihat gejala-gejala berikut ini:

  • Merasa lelah? Tubuh Anda memproduksi semakin banyak darah untuk membawa oksigen dan zat-zat gizi ke janin Anda. Bertambahnya darah Anda secara khusus mungkin lebih tinggi pada kehamilan minggu ke-5, sehingga memacu peredaran darah Anda. Denyut jantung Anda bertambah untuk mengimbanginya, dan perubahan-perubahan ini mungkin menyebabkan kelelahan, pusing, atau bahkan sakit kepala.
  • Di usia kehamilan Anda 5 minggu, mungkin Anda merasakan beberapa gejala di masa-masa awal kehamilan yang lainnya. Gejala-gejala lainnya antara lain payudara berubah, mual-mual, semakin peka terhadap bau, sering buang air kecil, atau suasana hati tidak stabil (mood swings).
  • Wanita pada umumnya mulai merasakan gejala pada usia kehamilan 5 minggu. Tetapi setiap kehamilan itu unik. Beberapa gejala mungkin lama baru muncul atau tidak sama sekali.
  • Sekitar minggu ke-5 kehamilan, ari-ari (plasenta) yang membantu memberi makan si janin bertumbuh dan menempel pada rahim, yang mungkin menyebabkan vlek (bercak) ringan (light spotting).
  • Setelah 5 minggu hamil, hal yang mungkin Anda rasakan adalah Anda bisa mual oleh bau-bau dari rutinitas sehari-hari Anda. Mungkin Anda ingin mencari sumber dan menghindari bau-bau yang mengganggu Anda.
  • Apabila Anda mengalami suasana hati yang benar-benar tidak stabil pada masa-masa awal kehamilan, Anda tidak sendiri. Anda mungkin ingin mencurahkan perasaan Anda dan mendapat dukungan emosional yang Anda perlukan dari pasangan, keluarga, dan teman Anda.




guide-wk5-3

Kesehatan dan Gizi di Usia Kehamilan 5 Minggu

Manfaatkan Sebaik-baiknya Kunjungan Anda ke Dokter

Perawatan prakelahiran secara rutin tetap merupakan bagian terpenting dalam memantau kesehatan Anda dan kesehatan janin Anda selama kehamilan Anda. Sekarang adalah waktunya untuk membuat jadwal Kunjungan Prakelahiran pertama Anda. Dokter umumnya akan membuat jadwal dengan Anda saat kehamilan Anda antara enam sampai sepuluh minggu.

  • Kunjungan Prakelahiran pertama Anda ke dokter akan menjadi salah satu dari hal-hal yang mendebarkan Anda. Dalam kunjungan ini, dokter Anda akan memastikan kehamilan Anda dan mencatat riwayat medis Anda. Mungkin dokter Anda akan melakukan pemeriksaan fisik dan serangkaian tes-tes rutin lainnya untuk memastikan Anda dan janin Anda sehat.
  • Komunikasi yang baik merupakan kunci keberhasilan Anda dengan penyedia layanan kesehatan Anda. Apabila ada hal yang tidak Anda mengerti saat kunjungan ke dokter, jangan lupa minta penjelasan atau keterangan selengkapnya.
  • Dapatkan informasi dan lengkapi diri Anda. Semakin banyak yang Anda tahu maka Anda akan semakin bisa membuat pilihan-pilihan terbaik selama kehamilan Anda.
  • Perhatikan area lain selain perut. Jangan lupa untuk imbangi area-area lain dari seluruh kesehatan Anda. Buat jadwal rutin ke dokter gigi dan segera atasi keluhan-keluhan lain apabila terjadi.

Olahraga: Mencari Rutinitas yang Tepat Bagi Anda

Catatan Tentang Gizi